Minggu, 05 Agustus 2012

Manajemen


PENGERTIAN MANAJEMEN
A.  Manajemen Sebagai Suatu Proses
Melihat bagaimana cara orang untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu. Dapat dilihat dari pengertian menurut:

  1. Encyclopedia Of The Social Science, yaitu suatu proses dimana suatu tujuan tertentu dilaksanakan dan diawasi. 
  2. Haiman, manajemen yaitu suatu fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui kegiatan orang lain, mengawasi usaha-usaha yang dilakukan individu untuk mencapai suatu tujuan. 
  3. George R. Terry, yaitu cara pencapaian tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu dengan melalui kegiatan orang lain.
B.  Manajemen Sebagai Suatu Kolektivitas
Merupakan suatu kumpulan dari orang-orang yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan bersama. Orang yang bertanggung jawab terhadap terlaksananya suatu tujuan atau berjalannya aktivitas manajemen disebut Manajer.
C.  Manajemen Sebagai Suatu Ilmu (Science) dan Seni (Art)
Manajemen sebagai suatu ilmu adalah melihat bagaimana aktivitas manajemen dihubungkan dengan prinsip-prinsip manajemen, dan telah diorganisasi menjadi suatu teori.
Manajemen sebagai suatu seni adalah bagaimana cara memerintahkan pada orang lain agar mau bekerja sama dalam mencapai suatu tujuan.
Menurut Marry Parker Follet bahwa manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.

TINGKATAN MANAJEMEN DAN MANAJER
Dilihat dari tingkatan organisasi, manajemen dibagi dalam tiga tingkatan yaitu:
  1. Manajemen Lini (Low Management) atau tingkatan pengendalian operasional, manajer yang bertanggung jawab menyelesaikan rencana-rencana yang telah ditetapkan oleh para manajer yang lebih tinggi. (misalnya supervisor/pengawas produksi, mandor) 
  2. Manajemen Menengah (Midle Management) atau tingkat pengendalian manajemen, manajer yang bertanggung jawab melaksanakan rencana dan memastikan tercapainya suatu tujuan (misalnya manajer wilayah, kepala divisi, direktur produk) 
  3. Manajemen Puncak (Top Management) atau tingkat perencanaan strategis, manajer yang bertanggung jawab atas pengaruh yang ditimbulkan dari keputusan-keputusan manajemen keseluruhan dari organisasi (misalnya direktur dan wakil direktur, direktur utama)
Dilihat dari kegiatan yang dilakukan:
  1. Manajer Fungsional, bertanggung jawab pada satu kegiatan unit organisasi (produksi, pemasaran, keuangan, personalia, dll) 
  2. Manajer Umum, bertanggung jawab atas semua kegiatan.
Didalam melaksanakan tugas, setiap tingkatan manajer mempunyai fungsi utama atau keahlian yang berbeda yaitu:
  1. Keahlian Teknik (Technical Skill) yaitu keahlian tentang bagaimana cara mengerjakan dan menghasilkan sesuatu yang terdiri atas pengarahan dengan motivasi, supervisi, dan komunikasi.
  2. Keahlian Manajerial (Managerial Skill) yaitu keahlian yang terkait dengan hal penetapan tujuan perencanaan, pengorganisasian, penyusunan personalia, dan pengawasan.

FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN
Menurut beberapa ahli:
  1. Ernest Dale            : Planning, Organizing, Directing, Innovating, Representing, dan Controlling. 
  2. Oey Liang Lee             : Planning, Organizing, Directing, Coordinating, dan Controlling. 
  3. James Stoner              : Planning, Organizing, Leading, dan Controlling. 
  4. Henry Fayol                : Planning, Organizing, Commanding, Coordinating, dan Controlling. 
  5. William H. Newman     : Organizing, Staffing, Directing, Planning, Controlling. 
  6. George R. Terry          : Planning, Organizing, Actuating dan Controlling. 
  7. Louis A. Allen             : Leading, Planning, Organizing, dan Controlling. 
  8. John Robert Beishline   : Planning, Organizing, Commanding, dan Controlling. 
  9. William Sprigel            : Planning, Organizing, dan Controlling. 
  10. Lindal F. Urwich   : Forecasting, Planning, Organizing, Commanding, Corrdinating, dan Controlling. 
  11. Dr. SP. Siagian MPA    : Planning, Motivating, dan Controlling. 
  12. Prayudi Atmosudirjo    : Planning, Organizing, Directing/Actuating, dan Controlling. 
  13. DR. Winardi, SE        : Planning Organizing, Coordinating, Actuating, Leading, Communicating, dan Controlling. 
  14. The Liang Gie        : Planning, Decision Making, Directing, Coordinating, Controlling, dan Improving.

Fungsi-fungsi manajemen diatas dapat dikombinasikan menjadi 10 yaitu:
  1. Forecasting adalah kegiatan meramal, memproyeksikan terhadap kemungkinan yang akan terjadi bila sesuatu dikerjakan. 
  2. Planning adalah penentuan serangkaian tindakan dan kegiatan untuk mencapai hasil yang diharapkan. 
  3. Organizing adalah pengelompokkan kegiatan untuk mencapai tujuan termasuk penetapan susunan organisasi, tugas dan fungsinya. 
  4. Staffing atau Assembling Resources (penyusunan personalia) adalah penyusunan personalia penarikan tenaga kerja baru, latihan, dan pengembanan sampai memberi daya guna maksimal pada organisasi. 
  5. Directing atau Commanding adalah usaha memberi bimbingan, saran-saran dan perintah dalam pelaksanaan tugas masing-masing bawahan (delegasi wewenang) untuk dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. 
  6. Leading adalah pekerjaan manajer untuk meminta orang lain agar bertindak sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. 
  7. Coordinating adalah menyelaraskan tugas atau pekerjaan agar tidak terjadi kekacauan dan lempar tanggung jawab dengan jalan menghubungkan, menyatu padukan, dan menyelaraskan pekerjaan dengan bawahan. 
  8. Motivating adalah pemberian semangat, inspirasi dan dorongan kepada bawahan agar mengerjakan kegiatan yang telah ditetapkan dengan sukarela. 
  9. Controlling adalah penemuan dan penerapan cara dan peralatan untuk menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan sesuai dengan tujuan. 
  10. Reporting adalah penyampaian hasil kegiatan, baik secara tertulis maupun lisan.

Bila dilihat dari proses pelaksanaan kegiatan manajemen maka fungsi-fungsi manajemen kedalam perusahaan dan perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengawasan.

KETERAMPILAN MANAJER
Terdapat empat keterampilan manajer pada masing-masing tingkat manajer:
  1. Keterampilan Konseptual, keterampilan atau kemampuan mental untuk mengkoordinasikan dan mengintegrasikan seluruh kepentingan dan kegiatan organisasi. 
  2. Keterampilan Kemanusiaan, kemampuan untuk saling bekerja sama dengan memahami dan memotivasi orang lain. 
  3. Keterampilan Administrasi, kemampuan yang ada hubungannya dengan fungsi manajemen yang dilakukan. 
  4. Keterampilan Teknik, kemampuan untuk menggunakan peralatan-peralatan, prosedur, dan metode dari suatu bidang tertentu.

Manajemen adalah koordinasi semua sumber daya melalui proses perencanaan, pengorganisasian, penetapan tenaga kerja, pengarahan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu.
Dari definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam manajemen harus ada; tujuan, proses, suatu keahlian, pihak yang mengatur dan diatur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar