Selasa, 04 Januari 2011

Konsep Teknologi


A.  Definisi Teknologi

Teknologi merupakan pengetahuan terbaru dari keahlian, pengetahuan dan praktik dalam produksi konsumsi dan distribusi dari produk dan layanan dalam proses pembangunan.



B.  Pertumbuhan Teknologi

Teknologi berkembang dengan tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan yang didasarkan kepada budaya/sosial, sumber daya alam, lingkungan, serta penelitian dan pengembangan.

Artinya setiap perkembangan teknologi selalu disertai dengan tanggung jawab dan  konsekuensi dari segala akibatnya. Pertumbuhan teknologi tidak hanya terpacu pada peningkatan kesejahteraan semata atau penumpukkan emas dan keuntungan. Tetapi pertumbuhan teknologi yang bertanggung jawab disertai dengan tanggung jawab kepada keberlangsungan hidup masa depan manusia, tidak hanya pemenuhan kebutuhan saat ini.

Parameter budaya/sosial, sumber daya alam, lingkungan dan science saling berhubungan dalam perkembangan teknologi.


C.  Faktor Eksternal Pertumbuhan Teknologi

Selain parameter – parameter di atas, untuk mencapai tujuan kesejahteraan atau perkembangan ekonomi, terdapat lima faktor eksternal yang mempengaruhi perkembangan teknologi, antara lain :
  1. Negara
  2. Politik
  3. Pertahanan Nasional
  4. Peraturan 
  5. Pendidikan


D.  Konsep Manajemen Teknologi

Manajemen teknologi merupakan disiplin yang menjembatani bidang engineering dan science dengan bidang manajemen yang ditujukan untuk perencanaan (planning), pengembangan (development), dan implementasi (implementation) teknologi dalam rangka pencapaian sasaran strategik dan operasional suatu organisasi.

Dari rumusan tersebut tercermin bahwa :
  1. Manajemen Teknologi merupakan jembatan jurang pemisah antara engineering/science disatu pihak dan manajemen lain pihak.
  2. Ruanglingkup Manajemen Teknologi meliputi kegiatan ; Pemilihan teknologi yang akan digunakan oleh suatu unit organisasi, Transfer dan adaptasi dan teknologi, Implementasi Teknologi, Pengembangan Teknologi. 
  3. Manajemen Teknologi merupakan disiplin yang dapat digunakan untuk sasaran strategi dan operasional organisasi. Dengan demikian pada hakekatnya keputusan untuk menggunakan suatu jenis teknologi tidak hanya mempunyai dampak terhadap bagian produk/operasional suatu organisasi, tetapi juga dapat berdampak pada bidang lain yang lebih strategis.


E.  Tujuan Manajemen Teknologi

Secara umum tujuan Manajemen Teknologi adalah menciptakan dan atau menambah nilai bagi perusahaan melalui teknologi, baik yang diciptakan sendiri maupun yang diperoleh dari luar. Penciptaan atau peningkatan nilai dapat dilakukan melalui penciptaan bisnis, penciptaan produk atau perbaikan produk atau jasa baru, penciptaan atau perbaikan proses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar