Keluarga ISO 9000 membahas berbagai aspek
manajemen mutu dan berisi beberapa standar ISO terbaik dikenal . Standar
memberikan pedoman dan alat untuk perusahaan dan organisasi yang ingin
memastikan bahwa produk dan layanan mereka secara konsisten memenuhi
persyaratan pelanggan , dan kualitas yang konsisten ditingkatkan.
ISO 9001:2008 menetapkan persyaratan untuk
sistem manajemen mutu yang dapat diterapkan sebagai kerangka internal dalam
sebuah organisasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan untuk memenuhi
kewajiban kontrak.
Generic, Generic berarti standar yang
sama dapat diterapkan pada berbagai organisasi, besar atau pun kecil, apapun
product dan layanannya, dalam sembarang actifitas suatu sektor, dan apakah itu
adalah perusahaan business, layanan public atau departemen pemerintahan.
Sistem manajemen mengacu pada apa yang organisasi lakukan
untuk mengelola proses, atau aktivitas, sehingga produk atau jasa memenuhi
tujuan yang telah ditetapkannya sendiri, seperti:
1. Memenuhi persyaratan kualitas
pelanggan,
2. Sesuai dengan peraturan, atau
3. tujuan lingkungan.
ISO 9001 adalah yang paling mapan kualitas dunia
kerangka, saat ini sedang digunakan di lebih dari 170 negara di seluruh dunia.
Tujuannya adalah untuk menunjukkan bukti bahwa bisnis Anda dapat memberikan
standar yang konsisten kualitas dalam pelayanan dan barang-barang yang Anda
berikan kepada pelanggan Anda dan internal kepada karyawan Anda. Ada delapan
prinsip bahwa ISO 9001 memfokuskan diri pada untuk semua bisnis dan industri.
Ini adalah;
Prinsip 1 - Fokus Pelanggan
Prinsip 2 – Kepemimpinan
Prinsip 3 - Keterlibatan orang
Prinsip 4 - Pendekatan proses
Prinsip 5 - Pendekatan sistem pada manajemen
Prinsip 6 - Perbaikan berkesinambungan
Prinsip 7 - Pendekatan faktual untuk pengambilan
keputusan
Prinsip 8 - pemasok yang saling menguntungkan hubungan
Standar ini didasarkan pada sejumlah
prinsip manajemen mutu termasuk
fokus yang kuat pelanggan, motivasi dan implikasi
dari manajemen puncak, pendekatan proses dan
perbaikan terus-menerus. Menggunakan
ISO 9001:2008 membantu
memastikan bahwa pelanggan mendapatkan konsisten, baik kualitas produk dan layanan, yang pada gilirannya membawa banyak manfaat bisnis.
Penerapan ISO 9001:2008 di Apotek Kimia Farma
PT. Kimia Farma
merupakan perusahaan BUMN yang bergerak dibidang farmasi dan telah mengantongi
sertifikat ISO 9001:2008. Sebagai anak perusahaan PT. Kimia Farma Apotek pun
melaksanakan prinsip-prinsip yang ada pada ISO 9001:2008. Berikut ini merupakan
penerapan ISO 9001:2008 yang dilakukan pada Apotek Kimia Farma.
1. Menjalin kerja sama dengan distributor resmi yang
menyediakan obat-obat asli berkualitas dari berbagai perusahaan produksi obat
farmasi yang bersertifikat ISO 9001:2008 juga.
2. Membuat kuisioner kepada pelanggan untuk mengetahui
kekurangan dan kelebihan pelayanan apotek ke pelanggan untuk meningkatkan
kualitas pelayanan kepada pelanggan.
3. Kepemimpinan di apotek kimia farma juga dipimpin
oleh tenaga ahli yang bersertifikat kementrian kesehatan dan sertifikat
kompetensi apoteker yaitu dipimpin oleh Apoteker.
4. Sistem manajemen pelayanan yang menggunakan aplikasi
database yang lengkap dan komprehensif sehingga dapat merekam data medis dari
berbagai macam pasien dengan segala macam diagnosa.
5. Keterlibatan orang dalam apotek kimia farma diisi
oleh pegawai yang berlulusan dari sekolah farmasi sebagai asisten aspoteker.
6. Pendekatan proses yang dilakukan berdasarkan dengan
aturan dinas kesehatan dan ilmu farmasi yang telah dipelajari.
Daftar Pustaka
http://indonesia.cert-int.com/services/iso-9001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar