Sabtu, 24 Mei 2014

Penerapan ISO 9001:2008 di Perusahaan



Keluarga ISO 9000 membahas berbagai aspek manajemen mutu dan berisi beberapa standar ISO terbaik dikenal . Standar memberikan pedoman dan alat untuk perusahaan dan organisasi yang ingin memastikan bahwa produk dan layanan mereka secara konsisten memenuhi persyaratan pelanggan , dan kualitas yang konsisten ditingkatkan.


ISO 9001:2008 menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen mutu yang dapat diterapkan sebagai kerangka internal dalam sebuah organisasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan untuk memenuhi kewajiban kontrak.
Generic, Generic berarti standar yang sama dapat diterapkan pada berbagai organisasi, besar atau pun kecil, apapun product dan layanannya, dalam sembarang actifitas suatu sektor, dan apakah itu adalah perusahaan business, layanan public atau departemen pemerintahan.
Sistem manajemen mengacu pada apa yang organisasi lakukan untuk mengelola proses, atau aktivitas, sehingga produk atau jasa memenuhi tujuan yang telah ditetapkannya sendiri, seperti:
1.      Memenuhi persyaratan kualitas pelanggan,
2.      Sesuai dengan peraturan, atau
3.      tujuan lingkungan.

ISO 9001 adalah yang paling mapan kualitas dunia kerangka, saat ini sedang digunakan di lebih dari 170 negara di seluruh dunia. Tujuannya adalah untuk menunjukkan bukti bahwa bisnis Anda dapat memberikan standar yang konsisten kualitas dalam pelayanan dan barang-barang yang Anda berikan kepada pelanggan Anda dan internal kepada karyawan Anda. Ada delapan prinsip bahwa ISO 9001 memfokuskan diri pada untuk semua bisnis dan industri. Ini adalah;
Prinsip 1 - Fokus Pelanggan
Prinsip 2 – Kepemimpinan
Prinsip 3 - Keterlibatan orang
Prinsip 4 - Pendekatan proses
Prinsip 5 - Pendekatan sistem pada manajemen
Prinsip 6 - Perbaikan berkesinambungan
Prinsip 7 - Pendekatan faktual untuk pengambilan keputusan
Prinsip 8 - pemasok yang saling menguntungkan hubungan


Standar ini didasarkan pada sejumlah prinsip manajemen mutu termasuk fokus yang kuat pelanggan, motivasi dan implikasi dari manajemen puncak, pendekatan proses dan perbaikan terus-menerus. Menggunakan ISO 9001:2008 membantu memastikan bahwa pelanggan mendapatkan konsisten, baik kualitas produk dan layanan, yang pada gilirannya membawa banyak manfaat bisnis.

Penerapan ISO 9001:2008 di Apotek Kimia Farma
PT. Kimia Farma merupakan perusahaan BUMN yang bergerak dibidang farmasi dan telah mengantongi sertifikat ISO 9001:2008. Sebagai anak perusahaan PT. Kimia Farma Apotek pun melaksanakan prinsip-prinsip yang ada pada ISO 9001:2008. Berikut ini merupakan penerapan ISO 9001:2008 yang dilakukan pada Apotek Kimia Farma.
1.      Menjalin kerja sama dengan distributor resmi yang menyediakan obat-obat asli berkualitas dari berbagai perusahaan produksi obat farmasi yang bersertifikat ISO 9001:2008 juga.
2.      Membuat kuisioner kepada pelanggan untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan pelayanan apotek ke pelanggan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan.
3.      Kepemimpinan di apotek kimia farma juga dipimpin oleh tenaga ahli yang bersertifikat kementrian kesehatan dan sertifikat kompetensi apoteker yaitu dipimpin oleh Apoteker.
4.      Sistem manajemen pelayanan yang menggunakan aplikasi database yang lengkap dan komprehensif sehingga dapat merekam data medis dari berbagai macam pasien dengan segala macam diagnosa.
5.      Keterlibatan orang dalam apotek kimia farma diisi oleh pegawai yang berlulusan dari sekolah farmasi sebagai asisten aspoteker.
6.      Pendekatan proses yang dilakukan berdasarkan dengan aturan dinas kesehatan dan ilmu farmasi yang telah dipelajari.


Daftar Pustaka
http://indonesia.cert-int.com/services/iso-9001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar